Jumat, 28 Juni 2013

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A.    PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tangung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Tanggung jawab bersifat kodrat artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila tidak mau bertanggung jawab maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi yaitu dari sisi pihak yang yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.
B.     MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab dapat dibedakan menurut keadaan manusia dengan hubungan yang dibuatnya, antara lain:
1.      Tanggung jawab terhadap Allah swt
2.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri
3.      Tanggung jawab terhadap keluarga
4.      Tanggung jawab terhadap masyarakat
5.      Tanggung jawab terhadap bangsa / Negara

C.     PENGABDIAN DAN PENGORBANAN
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian pada hakikatnya adalah sebuah tanggung jawab, apabila orang bekerja keras sehari penuh untuk mencukupi kebutuhannya maka hal ini berarti mengabdi kepada keluarga.
Pengorbanan adalah pemberian sebagai tanda kebaktian tanpa pamrih dapat dirasakan bila kita membaca atau mendengarkan khutbah agama.
Perbedaan antara pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian maka ada pengorbanan. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda,pikiran, biaya, waktu. Dalam pengabdian selalu dituntut pengorbanan tapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar