Jumat, 28 Juni 2013

TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR

TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
  •  Pendahuluan

Ilmu budaya dasar adalah mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, kebudayaan, dan masalah yang ada sehari-hari. Dengan mempelajari ilmu budaya dasar kita dapat mengetahui latar belakang pengetahuan yang luas tentang kebudayaan Indonesia yang menimbulkan minat mendalaminya.
Latar belakang IBD dalam konteks Budaya, Negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut:
1.      Kenyataan bahwa Indonesia memiliki berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang terlihat dari berbagai aspek kebuadayaannya.
2.      Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak positif dan negative berupa terjadinya perubahan dan pergeseran system nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusia pun terkena pengaruhnya.
3.      Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan peruban kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya. Akibat dampak negative teknologi, manusi kini menjadi resah dan gelisah.

  •    IBD Sebagai Mata Kuliah Dasar Umum

Secara khusus MKDU bertujuan untuk:
1.      Berjiwa pancasila
2.      Takwa terhadap Allah swt
3.      Memiliki wawasan luas tehadap budaya Indonesia

  •    Pengertian Ilmu Budaya Dasar

            Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
            Istilah ilmu budaya dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berkaitan dengan nilai – nilai yaitu nilai – nilai manusia sebagai homo  humanus atau manusia berbudaya. Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga besar, yaitu:
1.      Ilmu-ilmu alamiah (natural science)
2.      Ilmu-ilmu social (social science)
3.      Pengetahuan budaya (the humanities) 

  • Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Tujuan Ilmu Budaya Dasar adlah memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikal terhadap nilai – nilai budaya, baik yang menyagkut orang lain dan alam sekitarnya. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat:
1.      Menajamkan kepekaan terhadap lingkungan budaya sehingga lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru terutama dalam keoentingan pekerjaan.
2.      Memperluas pandangan terhadap masalah manusia dan budaya serta mangembangkan pola piker terhadap persoalan yang menyagkut kedua hal tersebut.
3.      Memperluas ruang lingkup pendidikan
4.      Memperluas wawasan komunikasi

  •  Ruang Lingkup IBD

Masalah pokok untuk menentukan ruang lingkup IBD adalah:
1.      Aspek kehidupan yang merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya,baik dari segi keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
2.      Hasil manusia yang universal akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayan masing – masing zaman dan tempat.
  • Pokok bahasan yang dikembangkan adalah:

1.      Manusia dan cinta kasih
2.      Manusia dan keindahan
3.      Manusia dan penderitaan
4.      Manusia dan keadilan
5.      Manusia dan pandangan hidup
6.      Manusia dan tanggung jawab
7.      Manusia dan kegelishan
8.      Manusia dan harapan
Ilmu budaya dasar bukan ilmu sasatra,tari, filsafat, dan ilmu lain. IBD menggunakan karya – karya yang terdapat dalam pengetahuan budaya untuk mendekati masalah kemanusiaan dan budaya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar