Layanan
Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan dial up
ke internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem
telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu
contoh dari sarana telematika. Beberapa layanan yang terdapat pada layanan
telematika adalah :
Layanan
Informasi
Layanan telematika yang pertama adalah layanan
informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan
kendaraan yang bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi yang
disebut GPS, Layanan ini menyatukan sistem komunikasi dengan kendaraan seperti
mobil untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Contoh dari layanan informasi tersebut adalah
sebagai petunjuk jalan.
Dan beberapa contoh lainnya adalah :
a. M – Commerce
b. VOD
c. News and weather
d. Telematik Terminal
e. Jasa pelayanan internet
f. Informasi lalu lintas terbaru
Layanan
Keamanan
Layanan keamanan adalah suatu yang sangat penting
untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang.
Sistem dari keamanan ini juga membantu untuk mengamankan jaringan tanpa
menghalangi penggunaannya dan menempatanya. Jika ketika jaringan berhasil
ditembus. Keamanan jaringan di sini adalah memberikan peningkatan keamanan
tertentu untuk jaringan serta untuk memantau dan memberikan informasi jika
sesuatu berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat
pencurian dan kejahatan. Seperti contohnya dengan menggunakan Firewall dan juga
anti virus yang ada.
Layanan
Context Aware & Event Base
Dalam ilmu komputer terdapat pernyataan bahwa
perangkat komputer mempunyai kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan
sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di
dalamnya. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan
istilah context-awareness.
Context-awareness merupakan kemampuan layanan
network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang
relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan
layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat
digunakan yaitu data dasar user, lokasi user, berbagai preferensi user, jenis
dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh : ketika seorang
user sedang mengadakan acara pesta ulang tahunnya, maka context-aware pada
mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang
mengadakan acara ulang tahun dan akan menolak semua panggilan telepon yang
tidak berkaitan dengan acara tersebut. Pada sekarang ini sangat dibutuhkan
suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi user untuk mengakses
informasi setiap saat user membutuhkannya. Yang disebut context-aware computing
yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan akan menjadi trend yang penting
untuk dikembangkan kedepannya. Dengan adanya context aware, user tidak perlu
selalu memberikan input yang secara eksplisit untuk membuat komputer
menjalankan tugas-tugasnya.
Beberapa bagian dari context awareness telah mulai
dikembangkan. Misalnya LBS: location-based service. Ketika user mencari keyword
tertentu, maka user akan memperoleh hasil yang dibutuhkan tergantung pada
posisi user itu berada. Ini juga dapat digabungkan dengan beberapa data dan
informasi yang di inputkan dari user. Sebagai contoh user tersebut mencari data
lokasi dimana posisi keberadaan user sekarang berada.
Layanan
Perbaikan sumber
Layanan telematika yang terakhir adalah layanan
perbaikan sumber. Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang
berfungsi untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. The RDS juga
berfungsi dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat
kecepatan penemuan.
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah
layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang
yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan
informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan
pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya. Konsep
pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan untuk
meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika dengan tujuan
untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi dan meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara
efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi
dan bidang politik, yaitu :
Dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan
kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan
jasa.
Dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada
pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.
Dari kedua bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap
telematika akan dilihat dari dua aspek, yaitu :
1. Pengembangan peningkatan
kapasitas industry.
2. Pengembangan layana publik.
Sasaran utama dalam upaya pengembangan SDM
telematika yaitu sebagai berikut :
a) Peningkatan kinerja layanan
public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan
masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai katalisator
pembangaunan.
b) Literasi masyarakat di bidang
teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old generator dan today
generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar