Rabu, 10 Oktober 2012

INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT


INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

1.      PERTUMBUHAN INDIVIDU

A.     PENGERTIAN INDIVIDU
Individu sering diartikan sebagai perseorangan. Sifat dan fungsi orang-orang di sekitar adalah makhluk-makhluk yang agak sendiri dalam berbagai hal bersama-sama satu sama lain, tetapi dalam banyak hal banyak pula perbedaanya. Hal ini dapat memberikan keutungan rohani bagi individu seperti bahasa, agama, adat istiadat dan kebiasaan, paham-paham hokum, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Individu tidak berarti selalu sendiri karena di tengah-tengah itu masih sering aktif dalam kehidupan bersosial, bahkan individu mempunyai kepribadian yang istimewa.
Dari uraian tersebut disimpulkan bahwa individu adalah seorang manusia yang hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungannya melainkan mempunyai kepribadian serta tingkah laku spesifik terhadap dirinya.
B.     PENGERTIAN PERTUMBUHAN

Pertumbuhan adalah suatu perubahan (proses) yang menuju kearah yang lebih maju dan lebih dewasa. Menurut ahli sosiologi pertumbuhan merupakan proses sosialisasi yaitu proses perubahan dari sifat mula-mula yang asocial atau juga sosial kemudian tahap demi tahap di sosialisasikan.

C.     FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN
Ada 4 golongan yang mempengaruhi faktor pertumbuhan diantaranya:
1.       Pendirian Nativisik
Para ahli berpendapat tentang factor ini yaitu bahwa pertumbuhan individu itu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir atu dengankata lain yaitu kemiripan. Misalnya ayah memiliki sebuah keahlian di bidang olahraga maka besar kemungkinan anaknya akan menjadi atlit. Tetapi masih banyak yang meragukan tentang pengertian ini, karena tidak semua akan di turunkan ke anaknya.
2.       Pendirian Empiristik dan Environmentalistik
Dalam pengertian ini para ahli berpendapat bahwa individu semata-mata tergantung pada lingkunganyang sedang dasar tidak berperan sama sekali. Paham ini merupakan kebalikan dari paham nativisik.
3.       Pendirian  Konvergensi dan Interaksionisme
Paham ini menjelaskan bahwa paham ini merubah seperlunya. Suatu perubahan yang dianggap lebih jauh perkembangan konsep dari konvergensi ialah konsep yang berpandangan dinamis yang menyatakan bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.
4.       Tahap pertumbuhan individu berdasarkan psikologi
Beberapa fase pertumbuhan individu sejak lahir sampai masadewasa atau masa kematangan diantaranya sebagai berikut :
·         Masa Vital
Yaitu pada masa ini individu menggunakan fungsi-fungsi biologisnya untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya. Masa ini dimulai dari 0,0 tahun sampai kira-kira 2,0 tahun
·         Masa Estetik
Yaitu masa dimana seseorang dianggap dalam masa pertumbuhan rasa keindahan.
Karena pada masa ini anak-anak sedang dalam keadaaan nakal karena rasa keingintahuan dan mulai belajar bahasa-bahasa yang dia dengar. Masa ini di mulai dari umur kira-kira 2,0 sampai kira-kira 7,0 tahun
·         Masa Intelektual (masa keserasian bersekolah)
Masa ini sangat tepat untuk mendidik karena pada masa ini sedang matang-matangnya untuk mendidiknya dari pada masa sesudah dan sebelumnya. Masa ini dimulai sejak umur 7,0 tahun sampai kira-kira13 sampai 14 tahun.
·         Masa Remaja
Masa remaja di mulai sejak 14 sampai 20 sampai 21 tahun merupakan masa yang banyak menarik banyak perhatian masyarakat kerena mempunyai sifat-sifat khas dan yang menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakat. Pada dasarnya masa ini dapat dirincikan dalam beberapa masa, yaitu :
1)      Masa Pra remaja
2)      Masa Remaja
3)      Masa Usia Mahasiswa

2.      FUNGSI-FUNGSI KELUARGA
Keluarga merupakan unit/satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Dalam keluarga pada umumnya terdiri dari suami, isteri dan anak yang selalu menjaga rasa aman dan ketentraman ketika menghadapi segala suka duka hidup dalam eratnya arti ikatan luhur hidup bersama.
A.     PENGERTIAN FUNGSI KELUARGA
Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaa-pekerjaan atau tugas-tugas yang harusdilaksanakan di dalam atau oleh keluarga itu. Karena setiap keluarga pasti mempunyai tugas-tugas dan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan.
B.     MACAM-MACAM FUNGSI KELUARGA
Pekerjaan-pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh keluarga dapat dirincikan kedalam beberapa fungsi, yaitu :
1)      Fungsi Biologis
2)      Fungsi Pemeliharaan
3)      Fungsi Ekonomi
4)      Fungsi Keagamaan
5)      Fungsi Sosial






3.      INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

A.     PENGERTIAN INDIVIDU
Seperti yang di jelaskan di atas bahwa individu adalah Individu sering diartikan sebagai perseorangan. Sifat dan fungsi orang-orang di sekitar adalah makhluk-makhluk yang agak sendiri dalam berbagai hal bersama-sama satu sama lain, tetapi dalam banyak hal banyak pula perbedaanya. Hal ini dapat memberikan keutungan rohani bagi individu seperti bahasa, agama, adat istiadat dan kebiasaan, paham-paham hokum, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Individu tidak berarti selalu sendiri karena di tengah-tengah itu masih sering aktif dalam kehidupan bersosial, bahkan individu mempunyai kepribadian yang istimewa.
B.     PENGERTIAN KELUARGA
Keluarga terbentuk karena adanya sebuah pernikahan pria dan wanita. Keluarga merupakan kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki,esensial,enak dan berkehendak bersama-sama.
C.     PENGERTIAN MASYARAKAT
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama di taati dalam lingkungannya.
Dalam kehidupan bermasyarakat tentu saja ada tata tertib atau aturan-aturan yang berlaku, tentunya kita harus di tuntut untuk mematuhi segala aturan yang telah diterapkan dalam suatu lingkungan tersebut dan juga harus bisa ikut serta dalam segala sesuatu yang ada di dalam msyarakat, misalnya bergotong royong dan melaksanakan kebersihan lingkungan.
4.      HUBUNGAN ANTARA INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT

A.     MAKNA INDIVIDU

Makhluk individu artinya makhluk yang tidak dapat di bagi-bagi dan tidak dapat dipisahkan antara jiwa dan raganya.manusia merupakan suatu kesatuan jiwa raga yang kegiatannya sebagai kesatuan dan keseluruhan. Kegiatan manusia sehari-hari merupakan perbuatan yang tidak bisa dirubah dan di pisahkan lagi dari diri manusia. Kegiatan manusia tersebut harus sesuai dengan etika, estetika, dam moral agama.

B.     MAKNA KELUARGA

Keluarga merupakan sebuah kelompok primer yang terbentuk dari perhubungan laki-laki dan wanita yang akan menghasilkan anggota baru yaitu anak.
Sifat terpenting keluarga yaitu : hubungan suami isteri, bentuk perkawinan, susunan nama-nama keturunan, milik atau harga benda keluarga, memiliki rumah.

C.     MAKNA MASYARAKAT
Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama di taati dalam lingkungannya.
Dalam kehidupan bermasyarakat tentu saja ada tata tertib atau aturan-aturan yang berlaku, tentunya kita harus di tuntut untuk mematuhi segala aturan yang telah diterapkan dalam suatu lingkungan tersebut dan juga harus bisa ikut serta dalam segala sesuatu yang ada di dalam msyarakat, misalnya bergotong royong dan melaksanakan kebersihan lingkungan.

5.      URBANISASI DAN URBANISME
Urbanisasi merupakan suatu proses berpindahnya penduduk dari desa ke kota. Aspek yang mempengaruhi urbanisasi diantaranya :
·         Perubahan masyarakat desa menjadi kota
·         Bertambahnya penduduk kota karena penduduk desa yang pindah ke kota.
Sebab-sebab urbanisasi
·         Daerah yang termasuk menjadi pusat pemerintahan dan ibukota
·         Tempat tersebut sangat strategis untuk usaha perdagangan dan perniagaan
·         Timbulnya industry-industri di daerah tersebut.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar