Selasa, 06 November 2012

ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM (tulisan)


ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI SALAH SATU MATA KULIAH DASAR UMUM


Ilmu sosial dasar sangat penting sebagai mata kuliah dasar umum karena akan memberikan nilai yang lebih kepada para mahasiswa baik yang sudah lulus ataupun yang masih berkuliah. 
Masalah yang biasa timbul dalam ISD(Ilmu Sosial Dasar)  sebagai MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) yaitu :
1.      Banyaknya tawuran di kalangan mahasiswa padahal mahasiswa-mahasiswa tersebut masih dalam satu Universitas atau masih dalam satu kampus hanya berbeda fakultas saja dan masalahnya hanyalah masalah sepele yaitu karena saling ejek satu sama lain, hal ini mencerminkan bahwa di dalam diri mereka tidak tertanam jiwa pancasila, karena hanya mementingkan satu kelompok saja dan tidak memusyawarahkan dahulu tentang masalah yang mereka hadapi karena masalahnya hanyalah masalah sepele yaitu karena hanya saling ledek saja. Padahal masalah seperti itu bisa dibicarakan dengan kepala dingin dan tidak perlu ada pertikaian karena akan memberi nilai yang buruk bagi mahasiswa dan universitas tersebut.  

2.      Demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa kebanyakan berakhir dengan bentrokan dengan polisi. Padahal hal ini sangat tidak mencerminkan nilai demokrasi dan nilai pancasila. Demokrasi tidak harus berujung dengan bentrokan dan malah seharusnya mendapatkan hasil dari demonstrasi tersebut. Apabila saat mahasiswa saat melakukan demonstrasi tidak ada bentrokan pasti akan menghasilkan keinginan yang dituju dari demonstrasi tersebut.

3.      Di dalam pergaulan mahasiswa biasanya ada yang pilih-pilih teman berdasarkan status dan ada juga yang tidak memili-milih teman. Kalau orang yang dalam pergaulanya memilih-milih teman berdasarkan status sosialnya atau berdasarkan apapun maka di dalam diri orang tersebut belum tertanam ISD dengan benar. Karena kalau ISD sudah tertanam di dalam diri seseorang pastinya dalam bergaulannya tidak akan dibeda-bedakan. Dan orang yang sudah tertanam ISD di dalam dirinya akan mudah bergaul dengan orang lain dan bisa memilih pergaulan dengan benar.

4.      Masalah individu yang biasa muncul adalah biasanya mahasiswa sering menyandiri karena begitu banyaknya tugas. Padahal hal itu akan member beban bagi mahasiswa tersebut. Sebaiknya kalau ada tugas itu harus di selesaikan secara bersama-sama dengan temannya. Apabila ada yang tidak di mengerti maka akan dengan mudah di mengerti oleh mahasiswa tersebut.

5.      Sarjana masih banyak yang menganggur. Itu dikarenakan karena sedikitnya jumlah pekerjaan di bandingkan dengan para pencari kerja. Hal tersebut akan mengakibatkan membludaknya angka pengagguran di Indonesia. Selain karena masalah tersebut karena lulusan perguruan tinggi tersebut sewaktu kuliahnya hanya asal masuk sehingga tidak mempunyai kemampuan akademik, kemampuan profesi, dan kemampuan pribadi. Untuk menanggulangi masalah ini pemerintah harus memperbanyak lowongan pekerjaan dan para pencari kerja harus melihat peluang kerja dengan baik. Bagi para sarjana harusnya bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri tanpa harus menunggu lowongan pekerjaan untuk mengurangi pengagguran di Indonesia.

6.      Di kalangan remaja sudah banyak yang melupakan sejarah bangsa Indonesia, hal ini sangat di sayangkan, karena di dalam tujuan ISD salah satunya mahasiswa harus mempunyai wawasan tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Namun pada kenyataanya banyak juga mahasiswa yang tidak mengetahui perjuangan bangsanya sendiri, dan selain itu banyak yang tidak hafal teks Pembukaan UUD 1945, hal tersebut akan menjadi melemahnya rasa cinta terhadap bangsanya sendiri.

7.      Masalah tentang budaya, itu adalah banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia dengan bebasnya. Budaya asing tersebut banyak ditiru oleh para remaja khususnya oleh para mahasiswa. Hal tersebut bisa melunturkan rasa cinta terhadap budaya yang ada di Indonesia. Dalam belakangan waktu ini ada maslah tentang kebudayaan yang di curi oleh negara tetangga, itu di karenakan tidak ada rasa peduli terhadap kebudayaan bangsa sendiri. Kalau sudah di curi saja baru pada peduli. Untuk mengatisipasi terjadinya kasus yang sama dengan maslah di atas adalah kita bersama-sama dengan pemerintah harus bekerja sama menjaga budaya kita bersama-sama demi keutuhan bangsa Indonesia.

Itulah beberapa maslah yang pernah saya hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi kesimpulan dari berbagai masalah di atas adalah ISD sebagai MKDU itu sangat penting karena bisa meningkatkan kemampuan akademik, kemampuan profesi, dan kemampuan pribadi. Hal tersebut sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar