Rabu, 09 Januari 2013

AGAMA DAN MASYARAKAT (tulisan)


AGAMA DAN MASYARAKAT
Banyak negara lain yang iri dengan kita, karena dengan agama yang beragam tersebut, kita masih dapat hidup berdampingan, bersama, dan dalam lingkungan yang hikmat. Mungkin sesekali terdengar berita miring dari ormas ormas yang mengatasnamakan agama mereka yang berbuat sekonyong konyong. Kejadian tersebut sangatlah membuat kita malu, karena mereka berbuat seenak enaknya tanpa memikirkan nasib orang yang mereka hujat karena tidak sejalan dengan pemikiran mereka.
Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan tanah air yang begitu multikultural. memiliki budaya yang beragam yang merupakan turunan nenek moyang. begitupun juga dalam hal agama, di indonesia kita bebas memilih dan menjalankan agama dan kepercayaan kita masing masing. Agama merupakan salah satu prinsip yang (harus) dimiliki oleh setiap manusia untuk mempercayai Tuhan dalam kehidupan mereka. Tidak hanya itu, secara individu agama bisa digunakan untuk menuntun kehidupan manusia dalam mengarungi kehidupannya sehari-hari.
 Dalam kehidupan bermasyarakat, agama mempunyai peran yangsangat penting. Dengan keberadaan agama didalam masyarakat tidak boleh diabaikan. Karna agama mengatur semua bagaimana kita hidup bermasyarakat dengan baik. Tentunya diluar nilai ibadah. Maka dari itu fungsi dari agama di dalam masyarakat itu sendiri adalah untuk menciptakan kerukunan dan kedamaian di dalam masyarakat. Di dalam masyarakat pasti ada perbedaan dalam hal agama, tetapi itu bukan menjadi masalah karna dengan adanya perbedaan kita harus saling bertoleransi agar kehidupan di masyarakat tetap berjalan dengan baik. Memang tidak mudah hidup didalam perbedaan, perbedaan itu sendiri juga memicu datangnya perselisihan.
Agama telah dicirikan sebagai pemersatu aspirasi manusia yang paling sublime; sebagai sejumlah besar moralitas, sumber tatanan masyarakat dan perdamaian batin individu; sebagai sesuatu yang memuliakan dan yang membuat manusia beradab. Sebenarnya lembaga keagamaan adalah menyangkut hal yang mengandung arti penting tertentu, menyangkut masalah aspek kehidupan manusia, yang dalam transendensinya, mencakup sesuatu yang mempunyai arti penting dan menonjol bagi manusia.
Banyak sekali masalah yang ada dimasyarakat terutama tentang agama salah satunya adalah yang terjadi  hal ini bisa disebabkan karenya Kurangnya rasa menghormati baik antar pemeluk agama satu dengan yang lainnya ataupun sesama pemeluk agama, adanya kesalahpahaman yang timbul karena adanya kurang komunikasi antar pemeluk agama, Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan, kurang memahami dan menghargai agama lain serta umat beragama lain, kurang memahami dan menghargai hakekat dan martabat manusia, kurang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang universal, terutama cinta kasih, Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat, Fanatisme yang salah. Penganut agama tertentu menganggap hanya agamanyalah yang paling benar, mau “menang sendiri”, tidak mau menghargai, mengakui dan menerima keberadaan serta kebenaran agama dan umat beragama yang lain.
Oleh karena itu banyak sekali kejadian-kejadian yang sering terjadi dalam masyarakat yang salah paham tentang agama. Orang yang satu agamapun bias saling bunuh membunuh contohnya kemarin di Madura sesame muslim saling serang (perang) dan menimbulkan jatuhnya korban yang sangat banyak dan para anak-anak pun menjadi korbannya. Hal ini terjadi karena masalah sepele saja yang bisa di selesaikan dengan kepala dingin tanpa harus saling membunuh satu sama lain.
Ini lah yang mengakibatkan runtuhnya rasa persatuan didalam Negara ini. Dan para ulama kebanyakan maunya menang sendiri harusnya para ulama mengambil jalan keluarnya yang terbaik unruk para umat nya terutama umat muslim.
Adalagi konflik saling menghina agama, harusnya ini tidak boleh terjadi. Baru-baru ini orang amerika menghina kaum muslim yang mengakibatkan kaum muslim terbakar api marahnya karena umat orang amerika tersebut karena telah menghina nabinya umat Islam yaitu Nabi Muhammad swt.
Para pemerintah dari Negara yang konflik tersebut harusnya saling berdamai dan berjanji tidak akan menghina antar agama karena itu akan merugikan saja. Dan akan mengakibatkan kehancuran dunia. Di antara penganut agamanya masing-masing seharusnya saling menjaga kedamaian antar agama agar muka bumi ini tidak terjadi konfik-konflik lagi dan bisa berdampingan satu sama lain.
Oleh sebab itu, umat beragama perlu berbuat lebih banyak lagi karena pada umumnya mereka mempunyai kemampuan untuk itu. Itu berarti membutuhkan kemampuan penyesuaian dan mengatasi masalah serta dukungan lingkungan kondusif untuk berkembangnya nilai-nilai sosial dan budaya yang tanggap terhadap berbagai perubahan. Hal itu harus terjadi, karena adanya permasalahan sosial di/dalam masyarakat . Misalnya, kekerasan terhadap masyarakat, terutama kepada wanita dan anak-anak; kenakalan remaja [di rumah, sekolah, lingkungan] dan berbagai dampak yang mengikutinya; penyalahgunaan obat-obatan; mudah mengikuti unsur-unsur budaya asing dengan tanpa berpikir kritis yang ditampilkan melalui media massa, premanisme serta sebagai tindak kriminal, masalah seksual, masalah kaum urban dan masyarakat miskin kota di daerah-daerah kumuh; benturan budaya sebagai pendatang di kota metropolitan. Ketidakmampuan ekonomi yang berimbas pada faktor kesehatan dan pendidikan, dan lain lain.
Untuk menjaga keutuhan masyarakat harunnya semua manusia tidaklah saling menghina satu sama lain agar terciptanya suasana yang kondusif. Apabila sedang ada perayaan agama manapun, agama lain harus menghormati.
Contohnya agama islam sedang puasa, agama lain harus mengormati orang yang sedang berpuasa dan apabila mau makan jangan lah makan di luar dan di depan orang yang sedang berpuasa. Dna apabila sedang merayakan Idul Fitri juga agama lain harus menghormati nya.
Begitupun sebaliknya agama islam juga harus menghormati agama lainnya apabila sedang merayakan hari besarnya. Jadi intinya adalah atar agama harus saling hormat-menghormati agar terciptanya suasana yang kondusif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar