Rabu, 09 Januari 2013

ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN KEMISKINAN (tulisan)


ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN KEMISKINAN
Dari ilmu pengetahuan maka manusia bisa menciptakan teknologi. Pada zaman sekarang semua aktivitas manusia pasti kebanyakan berhubungan dengan teknologi seperti handphone, komputer dan lain-lain. hamper semua kalangan menggunakan teknologi tersebut baik itu anak-anak dan juga orang dewasa. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih dan selalu berkembang maka kita harus mengikuti perkembangan dari teknologi tersebut agar kita tidak gaptek. Dan pengembangan teknologi itu sendiri juga menggunakan ilmu pengetahuan. Jadi seiring berjalannya waktu kita juga harus memperdalam ilmu pengetahuan agar teknologi bisa semakin berkembang. Maka dari itu dengan canggihnya teknologi maka dengan mudah kita bisa mendapat ilmu pengetahuan. Bukan hanya untuk ilmu pengetahuan, teknologi juga memudahkan manusia dalam berkomunikasi terhadap sesama manusia.
Perkembangan ilmu pengetahuan dapat kita rasakan di berbagai bidang. Contohnya sekarang ini banyak di temukan rumus-rumus matematika dan fisika baru yang digunakan dalam penghitungan. Kemudian dalam bidang kimia banyak di temukan unsure-unsur logam baru. Lalu banyak teori-teori baru yang dikembangkan agar mempermudah seseorang mempelajarinya. Ilmu penetahuan yang berkembang tersebut dapat kita jadikan sebagai acuan dalam mengembangkan sebuah teknologi.
Tujuan dari adanya teknologi ini adalah untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada dan dapat digunakan dengan mudah. Tetatpi teknologi yang ada saat sekarang ini berkembang sangat pesat dibandingkan beberapa tahun yang lalu, teknologi dapat digunakan untuk desain jalan, perumahan, jembatan, gedung, dan mobil. Tanpa adanya pengaruh teknologi tidak akan terciptanya suatu alat yang canggih dan akan semakin rumit untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Oleh karena itu teknologi diciptakan, selain dari pada itu teknologi memiliki dampak negatif terutama pada anak-anak.
Untuk membuktikan pengetahuan itu benar, perlu berpangkal pada teori kebenaran pengetahuan :
1. Pengetahuan dianggap benar apabila dalil (proposisi) itu mempunyai hubungan dengan dalil (proposisi) yang terdahulu
2. Pengetahuan dianggap benar apabila ada kesesuaian dengan kenyataan
3. Pengetahuan dianggap benar apabila mempunyai konsekwensi praktis dalam diri yang mempunyai pengeahuan itu.
Contoh perkembangan teknologi pada alat komunikasi yang biasa kita gunakan. Mulanya alat komunikasi berawal dari telegram, lalu beralik ke telpon kemudian berkembang lagi ke handphone lalu beralih lagi ke smartphone. Setelah itu dari tiap-tiap alat komunikasi berkembang cara mengoperasikan alat tersebut mulai memencet tombol, sensor suara, hingga layar sentuh. Kemungkinan cara mengoperasikan alat tersebut dengan menggunakan fikiran.
Penggunaan teknologi tersebut dan harus tetap menggunakan etika, juga tidak lupa jangan terlalu berlebihan dalam penggunaannya agar kita tidak kecanduan and selalu ketergantungan denagn teknologi. Selain itu dengan fasilitas teknologi yang kita miliki sederhana asal bisa kita manfaatkan dengan maksimal, maka teknologi itu akan menghasilkan karya yang berkualitas. Seperti juga facebook, twitter dan juga situs jejaring sosial lainnya apabila dimanfaatkan dengan baik untuk mencari teman, untuk mendapatkan informasi atau sekedar untuk hiburan semata dan hal-hal positif lainnya agar kita mempunyai banyak teman dan pasti akan ada manfaatnya juga untuk kita, dan pasti akan bisa mendatangkan keuntungan bagi kita. Jadi dalam penggunaan teknologi yang semakin canggih ini jagan sampai kita gunakan untuk kejahatan atau kriminalitas.
Kemiskinan adalah suatu kondisi dimana terjadi kekurangan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya seperti sandang, pangan dan papan. Hal ini bisa terjadi karna kurangnya ilmu pengetahuan dan wawasan tentang teknologi dan hal itu membuat mereka tertinggal sehingga mereka sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Karna dengan ilmu pengetahuan yang pintar dan banyak seseorang bisa mendapatkan pekerjaan tetap didukung dengan pengalaman yang dimilikinya. Jika memiliki itu semua mereka bisa mencari pekerjaan yang dibutuhkan dan terhindar dari kemiskinan. Dan salah satu upaya menanggulangi kemiskinan adalah dengan bekerja keras. Karna dengan bekerja keras kita akan mendapat sesuatu yang kita inginkan yang nantinya digunakan untuk kebutuhan hidup. Orang yang tidak punya jiwa pekerja keras maka akan sulit terhindar dari kemiskinan, karna segala sesuatu itu tergantung kemauan dan niat. Maka dari itu kita harus bekerja keras untuk mencapai apa yang kita inginkan.
Banyak factor yang memperngaruhinya, misalkan factor pendidikan. Mungkin seseorang yang tidak tamat SD dan tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, inilah salah satunya. Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki semakin banyak ilmu yang didapat, tetapi ada juga orang yang sukses walaupun tidak melalui jenjang pendidikan yang tinggi. Pendidikan kunci awal dari ilmu pengetahuan, setelah ilmu tersebut didapat maka dapat di implementasikan pada kehidupan dimasyarakat dan untuk memecahan permasalahan yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar