Rabu, 07 November 2012

PEMUDA dan SOSIALISASI (tulisan)


PEMUDA dan SOSIALISASI
Permasalahan dalam Pemuda dan Sosialisasi diantaranya yaitu para pemuda dirasa menurunya jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme dikalangan generasi pemuda. Oleh karena itu para pemuda harus mendapatkan banyak sekali sosialisasi-sosialisasi mengenai kenegaraan yang bisa memotivasi para pemuda untuk mempunyai jiwa nasionalisme tersebut agar negara tersebut bisa lebih maju dan perkembang akibat kuatnya jiwa nasionalisme dari pemuda tersebut.
Selain itu kekurang pastian yang dialami oleh para remaja terhadap massa depannya yang mengakibatkan para pemuda putus asa dan tidak bersemangat lagi dalam menimba ilmu dalam masa sekolah maupun kuliah yang mengakibatkan para remaja banyak yang terjerumus dalam hal yang tidak diinginkan.
Karena belum seimbangan antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun non formal. Tingginya jumlah putus sekolah yang diakibatkan oleh berbagai sebab yang bukan hanya merugikan generasi muda sendiri, tetapi juga merugikan seluruh bangsa. Kurangnya lapangan kerja/kesempatan kerja serta tingginya tingkat pengangguran/setengah pengangguran di kalangan generasi muda dan mengakibatkan berkurangnya produktifitas nasional dan memperlambat kecepatan laju perkembangan pembangunan nasional serta dapat menimbulkan berbagai problem sosial lainnya.
Masih banyaknya perkawinan di bawah umur yang bisa mengakibatkan kurangnya gizi yang dapat menyebabkan hambatan bagi perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan badan di kalangan generasi muda, hal tersebut disebabkan oleh rendahnya daya beli dan kurangnya perhatian tenteng gizi dan menu makan seimbang di kalangan masyarakat yang berpenghasilan rendah.
Hal yang bisa mengakibatkan pernikahan dini yaitu pergaulan bebas para remaja yang membahayakan sendi-sendi perkawinan dan kehidupan keluarga, karena dengan pergaulan dan sex bebas maka akan semakin banyak jumlah pernikahan dini di indonesie.
Kenakalan remaja lainnya yaitu menggunakan narkoba dan obat-obatan terlarang, serta pergaulan bebas yang makin merajalela di kalangan para remaja hal ini bisa merusak para pemuda khususnya di Indonesia semakin banyaknya yang menyalahgunakan narkoba dan obat terlarang pasti dia hidupnya tidak akan lama lagi dan apabila diketahui oleh aparat keamanan dan maka dia akan di hukum, hal itu akan merubah masa depan dan cita-cita pemuda dan hal yang paling parah adalah kematian.
Selain itu masalah remaja yang lainnya adalah kurangnya pandangan dari pemerintah kepada remaja dalam hal mengembangkan sebuah pengetahuan dan penelitian yang bisa mengharumkan nama bangsa. Seakan- akan  pemerintah tidak peduli akan kehebatan anak bangsa. Apabila begini terus maka negara tersebut tidak akan maju dan berkembang sesuai dengan yang diinginkan.
Sayangnya di negara ini belum adanya peraturan prundang-undangan generasi muda. Seakan-akan remaja yang masih di bawah umur apabila melakukan kesalahan di lindungi oleh negaara dengan alasan anak tersebut masih di bawah umur.
Seharusnya pemerintah harus menindak tegas semua perbuatan yang dilakukan dan yang di langgar oleh para pemuda dan warga Indonesia lainnya. Para aparat pu jangan memandang dari segi tahta dan kekayaan. Karena banyak masalah yang terjadi orang kecil dan miskinlah yang selalu salah. Padahal orang tersebut hanya mengambil kapas yang sudah jatuh dari pohonya dan orang tersebut sampai dituntut ke meja hijau dan orang yang korupsi pada saat di sidang mereka mengulur-ulur waktu supaya masyarakat sudah lupa dengan masalah tersebut.
Apabila ada tindakan tegas dari pemerintah dan para aparat yang bersih pasti negara ini akan terbebas dari segala maslaha dan problem-problem yang ada dalam kehidupan bermasyarakat dan menjalankan segala peraturan yang sudah dibuat dan tidak melanggarnya.
Untuk mengantisipasi maslah diatas yaitu oemerintah harus bertindak tegas dalam mengambil keputusan dan hukuman yang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan oleh seseorang sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Pemerintah juga harusnya tidak memandang sebelah mata kepada pemuda dan memberikan kesempatan kepada para pemuda untuk mengembangkan apapun yang dimiliki oleh pemuda tersebut supaya bisa lebih berkembang lagi dan memberikan fasilitas-fasilitas yang sepadan seperti negara-negara lain di luar sana. Apabila semua itu terpenuhi maka cita-cita negara akan tercapai.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar