Rabu, 07 November 2012

WARGANEGARA DAN NEGARA (tulisan)


WARGANEGARA DAN NEGARA

Sebagai warganegara tentunya banyak sekali masalah diantaranya adalah tawuran antar kampong yang semakin merajalela belakangan ini itu dikarenakan oleh sebab yang sepele padahal negara Indonesia adalah negara hukum tetapi warganegara Indonesia banyak yang tidak menaati hukum negara tersebut itu bisa mengakibatkan negara kita menjadi hancur berantakan. Seharusnya sebagai warganegara Indonesia yag baik kita semua harus menaati semua hukum yang berlaku di negara Indonesia.
Selain dari hal diatas adalah yaitu tentang pada saat peringatan hari kemerdekaan banyak masyarakat yang tidak memperingatinya padahal hal hari tersebut sangat penting karena pada hari itu adalah hari kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia akan tetapi para pemuda bangsa Indonesia saja sudah tidak peduli akan kemerdekaan negaranya sendiri hal tersebut bisa mengakibatkan lunturnya jiwa nasionalisme warganegara Indonesia.
Seharusnya kkita semua sebagai warganegara harus melihat para pahlawan kita yang berjuang melawan penjajah dulu berperang mengorbankan jiwa dan raga hanya untuk satu tujuan yaitu merdeka demi untuk itu mereka rela berkorban jiwa dan raga hanya untuk mempersatukan semua warganegara Indonesia agar menjadi rukun, damai, aman dan tentram serta sejahtera.
Kalau para warganegara tidak peduli akan bangsa dan negara maka negara tersebut bisa hancur berantakan. Kita semua harus bisa menerapkan jiwa bela negara untuk memupuk kembali jiwa nasionalisme yang sudah luntur dari para warganegara Indonesia untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.
Kekuasaan negara mempunyai organisasi yang teratur dan paling kuat, oleh karena itu semua golongan atau asosiasi yang memperjjuangkan kekuasaan harus dapat mengatur dan menempatkan diri dalam rangka ini. Pentingnya system hukum ini sebagai perlindungan bagi kepentingan-kepentingan yang telah melindungi kaidah agama, kaidah kesusilaan, dan kaidah kesopanan. Sifat dan peraturan hukum tersebut adalah memaksa dan menghendaki tujuan yang lebih dalam, pengertian memaksa bukanlah senantiasa dipaksakan apabila tindakan sewenang-wenag. Sebab hukum itu sebagai kongkretisasi daripada system nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.
Dari teks diata sudah terpampang jelas kalau negar kita sudah diatur oleh hukum. Oleh karena itu kita sebagai warga negara Indonesia yang baik haruslah menaati setiap hukum yang ada di dalam negara Indonesia. Agar negara tercinta ini menjadi negara yang aman damai dan sejahtera. Printah yang harus ditaati oleh warganegara diantaranya adalah menaati Undang-Undang yang telah di buat oleh para atasan kita.
Dan sebagai atasan juga sebaiknya memberikan conto yang benar bagi samua masyarakat yangdibawah.
Para warga negara yang tinggal di dekat perbatasan dengan negara lain. Daerah Kalimantan Barat banyak daerah yang berbatasan dengan Malaysia. Banyak daerah yang termasuk daerah Indonesia namun warganya malah bergantung pada tempat di Malaysia. Mengapa ini terjadi ?

Mahalnya biaya dan jauhnya jarak menjadi kendala. Bayangkan , sebuah desa di Kalimantan barat dekat perbatasan untuk memenuhi kebutuhannya butuh waktu yang lama dan biaya mahal untuk ke daerah kabupaten terdekat. Namun jika warga desa tersebut mencari di daerah Malaysia , akan membuthkan biaya lebih sedikit dan waktu yang lebih singkat.

Hal inilah yang menguatkan Malaysia untuk mengkalim daerah Indonesia. Warga Negara Indonesia yang tinggal di daerah tersebut akan dengan mudahnya pindah warga negara dan wilayah negara kita diambil negara tetangga. Karena dengan mereka merubah warga negara , akan lebih mempermudah mereka mendapatkan kebutuhan di negara tetangga kita.

Hal inilah yang harus diperhatikan oleh pemerintah negara kita. Jika pemerintah terlambat menyadari ini , akan banyak warga negara kita yang berpotensi "dicuri" oleh negara lain dan juga mungkin akan banyak daerah terpencil dari negara kita perlahan diambil negara lain pula.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar