Selasa, 02 Juli 2013

MANUSIA DAN KEINDAHAN (TULISAN IBD)

MANUSIA DAN KEINDAHAN (Tulisan)

Jika kita berbicara tentang keindahan pasti tidak terlepas dengan yang namanya ketenangan jiwa. Karena setiap kita melihat atau merasakan keindahan, pastilah hati kita menjadi tentram karena keindahan tersebut. Sebenarnya, keindahan itu adalah suatu yang abstrak atau tidak bisa dikira-kira. Karena, memang yang namanya keindahan itu banyak jenisnya, ada keindahan alam, ada keindahan lingkungan dan masih banyak lagi jenis-jenis keindahan yang ada di bumi ini. Dalam menjalani kehidupan di dunia kita sudah sering mendengar ataupun melihat apa itu keindahan. Makna keindahan itu sendiri tentunya setiap orang memiliki pengertian yang berbeda-beda namun esensinya tetap sama yaitu sebuah nilai baik yang mampu memberikan sebuah nilai positif bagi kehidupan penilai tsb. Saya sendiri mengartikan sebuah keindahan sebagai sebuah sigma dari beragam nilai yang baik dari segi nilai kualitas maupun kuantitas yang mampu membawa jiwa dan raga ini mampu menikmati nilai keindahan tersebut sebagai bentuk nyata dari nilai estetis.
Didalam kata Keindahan, pasti banyak definisi yang terpikirkan oleh kita. Ya, memang keindahan itu banyak definisinya. Ada yang mengatakan keindahan itu adalah suatu hal yang apabila kita melihatnya kita akan merasa takjub. Dan ada juga yang mengatakan bahwa keindahan itu dapat dirasakan oleh semua panca indra kita, dan masih banyak lagi definisi-definisi yang diungkapkan oleh setiap orang. Sebenarnya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atau suatu karya.Menurut cakupannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kwalita abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk perbedaan ini dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah beauty (keindahan) dan the beautiful (benda atau hal yang indah). Dalam pembatasan filsafat kedua pengertian itu kadang-kadang dicampuradukkan saja. Keindahan didunia ini diciptakan oleh tuhan. Betapa hebatnya tuhan menciptakan semua isi alam semesta tempat kita para makhluk hidup bernaung menikmati ciptaanNya. Begitu banyak nikmat yang Tuhan berikan kepada kita dan tiada henti mengucap syukur atas yang Tuhan berikan kepada kita. Kita dapat bernafas menghirup udara segar, dan menikmati pemandangan-pemandangaan yang luar biasa indahnya.
Manusia yang seharusnya melindungi dan memelihara ciptaan Tuhan, namun sebagian orang-orang yang tidak bertanggung jawab malah merusaknya. Contoh para pelaut tidak bertanggung jawab menggunakan pukat harimau untuk mengambil ikan tetapi itu menyebabkan merusak kehidupan bawah laut yang indah. Lalu membuang sampah sembarangan juga dapat menyumbat aliran air dan membuat kali-kali dijakarta menjadi kotor terus menimbulkan banjir. Banyak orang-orang bermimpi jika kota Jakarta menjadi suasana seperti diluar kota yg mempunya pemandangan indah dan udara yang sejuk. Makanya jika ada libur panjang, orang-orang Jakarta lebih memilih berlibur diluar kota untuk refreshing mencari pemandangan dan udara yang bagus.Alangkah indahnya jika kita memelihara dan melindungi ciptaan Tuhan tanpa merusak apapun, pasti manusia akan hidup tentram dan nyaman. Namun, untuk sekarang rasanya sulit membuat semua orang berfikir untuk melestarikan bumi kita yang sudah tua ini..Selain itu, keindahan juga dapat dinikmati melalui banyak hal. Salah satunya dalam ragam bentuk aktivitas kita sehari-hari banyak nilai keindahan yang dapat kita rasakan seperti rasa senang bilamana kita mendengarkan lagu yang harmonis, gembira dan penuh dengan nada yang menggembirakan, merasa damai bila kita dekat dengan Tuhan dengan berdoa, membaca AlQuran, mendengar ceramah dan rajin ibadah, merasa bahagia bilamana pacar kita memberikan sebuah kejutan dan kasih sayangnya kepada kita dan semua orang yang kita cintai selalu berada di dekat kita, merasa senang bilamana melihat hasil mahakarya nilai seni yang luar biasa melalui pertunjukan maupun pameran, merasa puas bilamana kita telah melewati beragam tantangan yang telah kita lewati seperti adventure maupun pendakian gunung. Rasa ceria bila kita telah berkumpul bersama keluarga tercinta di saat sebelumnya melakukan rutinitas yang padat, rasa mengagumkan dengan panorama alam yang sangat menyejukkan mata dan masih banyak lagi beragam nilai keindahan yang banyak kita alami dalam kehidupan sehari-hari yang manfaatnya dapat kita rasakan langsung baik untuk jiwa, pikiran, emosi, mental, dan kepuaasan batin yang sangat bermanfaat bagi terbentuknya kehidupan yang baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar