Senin, 01 Juli 2013

TUGAS 1 RESENSI PROSA LAMA

HIKAYAT 1001 MALAM

Sinopsis :
      Pada suatu hari, tinggallah seorang Raja dengan permaisurinyadi sebuah Istana megah. Sang Raja sangat kecewa terhadap istrinyayang selingkuh. Ia pun menaruh dendam yang sangat dalam terhadappermaisurinya, bahkan terhadap semua wanita. Setiap wanitadianggapnya tidak berbudi. Permaisuri dibunuhhnya untukmelampiaskan dendamnya itu. Setiap wanita yang mati, dibunuholehnya.

      Setelah hampir habis wanita terbunuh oleh Raja yang kejam itu,sampailah giliran anak mentrinya. Sang mentri sangat sedih, karenabila ia tidak dapat mencarikan wanita untuk Raja, berarti ia akandibunuh dan bila ia memberikan anak wanitanya, berarti anakwanitanya akan dibunuh. Melihat ayahnya yang sedih, putrinya yangbernama Syahrazat mengusulkan supaya dia saja yang di serahkanpada Raja dan biarlah ayahnya menjalankan tugas seperti biasa.Karena desakan putrinya itu, maka dengan berat hati mentri itumenyerahkan anaknya kepada Raja.

      Setelah putri Syahrazat dinikahi Raja menjelang subuh,segeralah Raja mengeluarkan keris mautnya untuk menghabisi nyawaSyahrazat. Dengan sopan dan tabah, Syahrazat memohon kepadaRaja, agar sebelum ia dibunuh, ia diperbolehkan menyampaikansebuah cerita. Permintaanya untuk bercerita dikabulkan oleh Raja. LaluSyahrazat pun bercerita dengan sungguh-sungguh, sehinggamenjelang pagi cerita itu belum selesai dan Raja mengusulkan supayacerita itu dilanjutkan malam berikutnya.

     Di dalam cerita yang disampaikan oleh putri Syahrazat terdapatcerita lagi. Cerita itu sangat menarik, sehingga Raja selalumengusulkan supaya cerita itu dilanjutkan malam berikutnya.Demikianlah malam demi malam keadaan itu berlangsung selama1001 malam.

     Cerita yang disampaikan itu berisi hal yang ajaib danperbandingan suatu hal. Lama kelamaan Raja itu sadar ataskesalahannya yang menganggap bahwa semua wanita itu tidak baik.Selama 1001 malam itu , lahirlah anak Raja atas perkawinanya denganputri Syahrazat. Raja sangat sayang kepada putranya dan kemudianmumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya.Kemudian mereka hidup dengan bahagia.


Unsur Intrinsik :
1. Tema :  Balas dendam
2. Alur  : Alur maju Demikianlah malam demi malam keadaanitu berlangsung selama 1001 malam.
3. Setting Tempat  :   istana yang megahWaktu : menjelang subuh dan malam hari
4. Suasana :  Mengharukan : ketika putri Syahrazatmerelakan dirinya untuk diserahkan kepadaRaja
5. Perwatakan : 
- Raja, kejam : ia telah membunuh hampir seluruh wanita di sekitarnya
- Raja, penyayang : ia sangat sayangkepada putranya
- Putri Syahrazat, penyayang : ia sangatsayang kepada ayahnya, sehingga ia tidaktega kalau ayahnya yang akan dibunuh
- Putri Syahrazat, sabar dan sopan : iameminta dengan sabar dan sopan agarsebelum ia dibunuh, ia diperbolehkan untukbercerita
6. Amanat :  Kita jangan pernah berpikiran burukterhadap sesuatu hal yang pernahmengecewakan kita, karena belum tentusesuatu yang kita anggap buruk samadengan yang pernah menahmengecewakan kita

Unsur Ekstrinsik :
Nilai kemanusiaan  :  Raja sangat tidak berperikemanusiaankarena telah membunuh hamper semua wanita
Nilai kasih sayang :  Putri Syahrazat mengorbankan dirinyaagar Raja tidak membunuh Ayah yang sangatdisayanginya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar