Selasa, 02 Juli 2013

TUJUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR (TULISAN IBD)

TUJUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR (Tulisan)

IBD (Ilmu Budaya Dasar) merupakan ilmu yang diharapkan untuk dapat memberikan pembelajaran dasar dan pengertian konsep-konsep untuk menyelesaikan masalah manusia dan kebudayaan.IBD ilmu yang sudah ada di dalam kehidupan kita,baik itu secara individual,kelarga,ataupun di masyarakat luas. Di dalam kehidupan sehari-hari  penerapanya sangatlah kurang diakibatkan kita kurang menyadari atau tidak mengerti  tentang itu. Ilmu budaya dasar bisa dikatakan sebagai suatu jalan atau arah pikiran untuk bertindak dalam memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani. Ilmu budaya dasar memiliki kecendrungan dengan basic humanities. Humanities berasal dari kata latin humanus yang artinya manusiawi, berbudaya, dan halus. Kebudayaan adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan yang ada di dalam fikiran manusia dalam kehidupan sehari-hari.  Namun disisi lain kebudayaan dapat juga kita rasakan dan nikmati oleh panca indra kita seperti ; lagu, tari, dan bahasa merupakan salah satu bentuk dari kebudayaan yang dapat kita rasakan.

Kita harusnya menyadari ilmu budaya dasar yang selalu saja kita temui dalam kehidupan sehari-hari  di keluarga, di kampus ataupun di masyarakat luas. Kita seharusnya menerapkan budaya dasar dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan masyarakat yang harmonis.
Ilmu budaya dasar mempunyai  tujuan-tujuan dan ruang lingkup yaitu untuk mencari dan memahami dari kenyataan yang bersifat manusiawi, mengembangkan kepribadian mahasiswa atau masyarakat dengan cara memperluas wawasan terhadap masalah budaya,dan juga dapat memberi pengetahuan entang aspek-aspek budaya untuk semua masyarakat.

Ruang lingkup  ilmu budaya dasar adalah berbagai aspek kehidupan yang mengungkap  masalah-masalah  kemanusiaan dan budaya baik dari segi keahlian, dan kedisiplinan dalam ilmu pengetahuan. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan mutu sistem pendidikan kita, salah satunya pada tingkat perguruan tinggi dan juga bermanfaat untuk memperbaiki ruang lingkup manusia-manusia yang spesialis agar lebih berpandangan luas. Kegunaan mata kuliah ini diharapkan agar interelasi antara intelektuil kita lebih sering dengan akibat yang positif bagi pembangunan negara kita pada umumnya dan perbaikan pendidikan pada khususnya.

Dan juga mata kuliah ini diharapkan agar dapat menjadi semacam lingua franca bagi para akademis dari berbagai lapangan ilmiah. Jadi, dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan para akademis dapat lebih lancar berkomunikasi sehingga akan memperlancar pula pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang yang ditangani oleh para cendikiawan dari berbagai lapangan keahlian itu. Dengan mendapat mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, manusia diharapkan nantinya mempunyai latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada umumnya dan menimbulkan minat untuk mengembangkan kebudayaan dengan kreatif sndiri pada khususnya. Jadi, secara singkat dapat dikatakan bahwa setelah mendapat mata kuliah ini manusia diharapkan memperlihatkan Minat dan kebiasaan menyelidiki apa-apa yang ada di sekitarnya dan di luar lingkungannya, menelaah apa yang dikerjakannya sendiri dan mengapa.

Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya dan bagaimana hubungan nilai-nilai dengan cara hidupnya sendiri-sendiri.Keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasanya telah dapat diterimanya dengan penuh tanggung jawab.Latar belakang IBD dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia, berkaitan dengan permasalahan diantaranya adalah Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan primordial, kesukuan, dan kedaerahan.

Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus-menerus menimbulkan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusia pun terkena pengaruhnya, antara lai n timbul konflik dalam kehidupan. Kemajuan IPTEK menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Adapun dampak negatif teknologi yaitu manusia akan menjadi resah dan gelisah. Mata kuliah IBD bertujuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran dan kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut, IBD diharapakan dapat Mengusahakan penanganan kepekaan mahasiswa tehadap lingkungan budaya. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya, serta mengembangkan daya kritis terhadap persoalan. Mengusahakan agar mahasiswa tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat apabila menjadi pemimpin nantinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar