Selasa, 02 Juli 2013

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP (TULISAN IBD)

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP (Tulisan)

Memahami pandangan hidup sangat erat kaitannya dengan jalan hidup seseorang dalam menghadapi hidupnya baik melalui cara berpikir, jalan hidup, keyakinan serta visi ke depannya dalam membangun karakter kepribadian sesuai dengan apa yang ia yakini sebagai pandangan hidupnya. Tentunya melihat karakter manusia yang sangat majemuk pastinya tiap orang memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya namun pandangan hidup tentunya memilki esensi yang sama yaitu membaikkan jalan hidup seseorang dalam membina kehidupan. Pandangan hidup pada dasarnya memiliki unsur-unsur, yaitu cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan. Cita-cita adalah sesuatu yang ingin digapai oleh manusia melalui usaha. Kebajikan dalam hal ini, adalah nilai yang menjadi patokan usaha yang harus ditempuh untuk menggapai cita-cita. Usaha adalah hal-hal yang diupayakan sebaik mungkin untuk menggapai cita-cita yang harus dilandasi oleh keyakinan . Keyakinan diukur dengan daya pikir akal, jasmani, dan sikap maupun rasa kepada Tuhan. Hal ini yang mencirikan bahwa unsur-unsur pandangan hidup di atas saling berkaitan.
Setiap orang, baik dari tingkatan yang paling rendah sampai dengan tingkatan yang paling tinggi, mempunyai cita-cita hidup. Hanya kadar cita-citanya sajalah yang berbeda. Bagi orang yang kurang kuat imannya ataupun kurang luas wawasannya, apabila gagal mencapai cita-cita, tindakannya biasanya mengarah pada hal-hal yang bersifat negative. Suatu ironi memang, bila manusia sedang dalam keadaan senang, bahagia, serta kecukupan. Kebanyakan dari mereka lupa akan pandangan hidup yang diikutinya dan berkurang rasa pengabdiannya kepada Sang Pencipta Pada hakikatnya manusia akan mencari jalan yang terbaik dalam kehidupannya yang dimana kehidupan itu memerlukan alur dan jalan agar dapat di bawa kearah yang lebih baik lagi, mungkin hal ini lah yang dinamakan dengan pandangan hidup. Tentunya pandangan hidup itu adalah jalan yang dipilih oleh masing-masing jiwa yang masing-masing jiwa itu berhak menentukan kehidupannya dan arah yag akan ditentukan. Setelah kita memiliki pandangan hidup pasti akan membawa kita kearah yang lebih baik dan akan membuat kita memiliki cita-cita dan angan-angan. Cita-cita adalah keinginan yang harus dan dapat kita capai sedangkan angan angan hanyalah cita-cita yag tidak bisa kita gapai, karena dalam hal itu diperlukan sumber daya manusia yang baik untuk mengapainya.
Negarapun memilki pandangan hidup bangsa untuk menjalankan pemerintahan dan tugas kenegaraan dalam mewujudkan sistem pemerintahan yang baik agar nantinya seluruh rakyatnya dapat hidup adil, makmur dan sejahtera serta meningkatkan taraf hidup yang lebih baik di tengah tantangan yang semakin beragam, untuk menghadapi tantangan tersebut tentunya negara memilki pandangan hidup bangsa yang menjiwai setiap penerapan kehidupan sesuai pandangan hidup bangsa yang diamalkannya agar dapat ditemukan sebuah pencapaian tujuan yang mewakili seluruh cita-cita bangsa ke depannyaPandangan hidup sangat bermanfaat bagi kehidupan individu, masyarakat, atau negara. Segala perbuatan, sikap, dan aturan yang diwujudkan dalam berbagai bentuk, merupakan refleksi dari pandangan hidup yang telah dirumuskan. Pandangan hidup sering disebut filsafat hidup. Filsafat hidup sendiri diarti-konkritkan sebagai kecintaan atau kebenaran yang bisa dicapai oleh siapapun. Maka dari itu, pandangan hidup dengan hakikat bisa dicapai oleh siapapun itu, sangat diperlukan oleh tiap manusia. Pandangan hidup tiap orang bisa berbeda bisa juga sama.Maka dari itu kita harus berpandangan hidup yang baik agar dalam hidup ini kita mempunyai arah dan tujuan sesuai dengan pandangan hidup kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar